Jaringan LAN

LAN (Local Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area kecil, seperti sekolah, perkantoran, kampus, dan rumah. Kelebihan dari jaringan menggunakan kabel adalah tingkat interferensi sinyal yang cukup kecil dibandingkan menggunakan jaringan wireless. Kekurangan dari pemakaian jaringan berbasis kabel ini adalah terbatasnya ruang lingkup kerja sehingga cocok dipakai di PC/Desktop yang penempatannya sudah ditentukan, serta rawan putus diantara sambungan.

Jenis kabel yang dipakai untuk jaringan LAN adalah kabel UTP (Unshielded Twisted Pair). Kabel UTP ini memiliki 4 pasang konduktor tembaga yang terbungkus satu lapisan luar saja yang memungkinkan kabel hanya cocok untuk pemakaian didalam ruangan saja.

Kabel UTP sendiri terbagi menjadi 5 kategori, dimana semakin tinggi kategori, berarti semakin rapat lilitan tembaganya.

KategoriPerformansi (MHz)Penggunaan
Cat 11Voice, Mainframe,Dumb, Terminal
Cat 244 Mb Token Ring
Cat 31010 MB Ethernet
Cat 42016 MB Token RIng
Cat 5100100 MB Ethernet
Cat 5e10001000 MB Ethernet
Kategori Level UTP

Dalam jaringan LAN terdapat 2 tipe pemasangan kabel, yaitu straight dan cross-over. Perbedaan dari kedua tipe ini hanya pada perangkat keras yang terhubung.

Kabel LAN Straight

Kabel Straight biasanya dipakai untuk menghubungkan 2 alat yang berbeda. Dalam penyusunan warna tembaga antara ujung yang satu dan yang lain sama.

Contoh penggunaan kabel straight

  1. Menghubungkan komputer dengan switch
  2. Menghubungkan switch dengan router
  3. Menghubungkan router dengan modem ISP

Kabel LAN Cross Over

Terdapat perbedaan susunan warna antara ujung yang satu dengan yang lain. Kabel ini biasa digunakan untuk menghubungkan 2 alat yang sama.

Contoh penggunaan kabel cross over

  1. Menghubungkan 2 komputer secara langsung
  2. Menghubungkan 2 switch
  3. Menghubungkan 2 router

Leave a comment