Jaringan Komputer

jaringan komputer adalah hubungan satu atau lebih komputer yang memiliki kartu jaringan melalui kabel atau nirkabel yang memungkinkan untuk mengirim atau menerima data.

untuk membangun suatu jaringan luas, maka diperlukan tambahan perangkat keras seperti HUB, Switch, Bridge, Router dan Gateway sebagai peralatan interkoneksi.

berdasarkan fungsinya, jaringan dibagi menjadi jaringan client-server dan jaringan peer-to-peer. Untuk jaringan client-server, pada dasar ada satu komputer yang akan disiapkan menjadi server dari komputer yang lain (client). Komputer yang menjadi server biasanya memiliki spesifikasi lebih tinggi daripada komputer client. Semakin komplek jaringan komputer yang akan dibangun maka semakin tinggi spesifikasi yang dimiliki oleh komputer server. Dalam sebuah perkantoran, umumnya jaringan komputer dipakai sebagai file-sharing atau print-server. Untuk model jaringan ini, biasanya jumlah client nya terbatas. Jika jumlah client terlalu banyak, maka antrian data di jaringan tersebut akan macet yang menyebabkan data yang di transfer akan lambat sampai ke tujuan. Sedangkan untuk jaringan komputer peer-to-peer, tidak memiliki komputer sebagai server. Setiap komputer client memiliki kapabilitas yang sama. Untuk membangun jaringan peer-to-peer dengan jumlah komputer client yang banyak akan membutuhkan HUB/Switch. Tetapi jaringan peer-to-peer memungkinkan 2 komputer untuk melakukan komunikasi hanya dengan kabel jaringan yang saling terhubung pada kartu jaringan masing-masing. Mekanisme struktur data yang dipakai oleh kedua model jaringan ini adalah FIFO (First In First Out).

Hal pertama yang mesti dilakukan dalam membangun sebuah jaringan komputer adalah merancang topologi. Jadi, fungsi topologi disini untuk memperjelas hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link dan station. Topologi jaringan sendiri dibedakan menjadi 6 jenis, yaitu

  1. Topologi bintang
  2. Topologi cincin
  3. Topologi bus
  4. Topologi jala
  5. Topologi pohon
  6. Topologi linier

Dari setiap topologi jaringan diatas, memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Pemilihan topologi jaringan didasarkan pada skala jaringan, biaya, tujuan, dan pengguna. Topologi-topologi ini sering kita temui di kehidupan sehari-hari, tetapi kita tak menyadarinya. Topologi pertama yang digunakan adalah topologi bus. Semua Topologi memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Leave a comment